KERETA API HOMEY STATION
Selama
kurang lebih 72 tahun PT Kereta Api Indonesia hadir menjadi penyedia jasa
perkeretaapian di Indonesia. PT KAI sudah banyak melalukan revolusi di lini
bisnisnya, baik dari perbaikan kualitas layanan, integrasi sistem layanan
dengan teknologi informasi, peningkatan kualitas pegawai, hingga pembangunan
infrastruktur yang memadai. Sebagai satu-satunya moda transportasi berbasis rel
di Indonesia, kereta api perlu meningkatkan layanan dari product oriented menjadi customer
oriented. Meskipun begitu, kereta api memiliki pesaing yaitu moda
transportasi lain, sehingga persaingan ini menjadi dorongan untuk selalu
memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Oleh karena itu penulis
menyampaikan gagasan-gagasan baru untuk mengoptimalkan kualitas layanan PT
Kereta Api Indonesia yaitu:
A.
(Re-launch)
RAILPAY Loyalty Member Card
Loyalty program yang
ada dari PT KAI adalah menukarkan tiket lama sebanyak 20 tiket periode 1 tahun
atau 15 tiket periode 6 bulan. Tiket yang ditukarkan adalah tiket kereta api
Komersial di seluruh kelas dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Program ini
tidak termasuk tiket KA Lokal dan KA ekonomi subsidi. Syaratnya nama
penumpangnya sama, tiketnya boleh macam-macam rute. Bila tiket yang dikumpulkan
terdiri dari beberapa rute/relasi yang berbeda, diberikan satu tiket gratis
dengan rute terpendek dalam tiket tersebut.[1]
Railpay
mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai e-money
untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh (penumpang tidak harus sama dengan
nama pemegang kartu), dan sebagai kartu member
agar pengguna setia kereta api bisa memperoleh tambahan poin (poin tersebut
dapat ditukar dengan tiket kereta api jarak jauh maupun fasilitas pelayanan
lainnya di KAI Group). Railpay dapat
digunakan pelanggan KAI untuk berbagai transaksi tiket transportasi antarmoda
seperti kereta api (termasuk KA Komersial, KRL Jabodetabek dan KA Bandara),
pesawat, kapal laut, bus (TransJakarta, TransJogja, Batik Solo Trans dan DAMRI)[2]. Penulis mengembangkan
produk Railpay agar program loyalty member pada produk ini mampu
dengan optimal memfasilitasi kebutuhan pelanggan. Hal itu tentunya ditunjang
dengan beberapa fasilitas baru yang menunjang produk Railpay
1. Station Helper
Salah
satu fasilitas baru yang penulis ajukan ialah Station Helper. Station Helper ini terinspirasi dari Airport helper milik PT Angkasa Pura II
di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Airport
Helper yang dulu dikenal dengan porter bandara kini tak hanya bertugas untuk
mengangkut dan membawa barang saja, melainkan juga membantu mengambil dan
mengembalikan troli, memberi petunjuk informasi kepada penumpang di bandara. Gagasan
dari penulis ialah PT Kereta Api Indonesia juga menetapkan kebijakan yang sama
untuk porter di stasiun-stasiun
kereta menjadi Station helper dengan
tugas dan tanggung jawab yang sama dengan airport
helper. Hal ini terkait dengan kebijakan dari PT KAI untuk tidak
memperbolehkan pengantar yang tidak memiliki tiket memasuki area peron ataupun
kereta. Station helper menjadi solusi
bagi penumpang yang diprioritaskan seperti wanita hamil, orang lanjut usia,
orang sakit, ataupun orang yang cukup banyak membawa banyak bagasi.
Biaya Station Helper
|
Biaya untuk loyalty member
|
||
Economy
|
Business
|
Executive
|
|
Rp
30.000
|
FREE
|
2. Shower and Locker
Hal
yang cukup penting menjadi perhatian adalah waktu kedatangan kereta api antar
kota/provinsi khususnya di Pulau Jawa yang rata-rata sampai di stasiun-stasiun
tujuan pada dini hari.
JADWAL KERETA API DARI DAN MENUJU
STASIUN GAMBIR
Gambir - Bandung
|
|
Bandung-Gambir
|
||||
Nama
Kereta
|
Waktu
Berangkat
|
Waktu
Tiba
|
|
Nama
Kereta
|
Waktu
Berangkat
|
Waktu
Tiba
|
Argo
Parahyangan
|
20.00
|
23.14
|
|
Argo
Parahyangan
|
19.40
|
22.56
|
Gambir - Purwokerto
|
|
Purwokerto – Gambir
|
||||
Argo
Lawu
|
20.15
|
01.09
|
|
Bima
|
00.38
|
05.43
|
|
Taksaka
|
22.40
|
03.45
|
|||
Taksaka
|
20.45
|
01.43
|
|
Taksaka
Priority
|
22.40
|
03.45
|
|
Gajayana
|
23.24
|
04.27
|
|||
Purwojaya
|
22.05
|
03.08
|
|
Argo
Dwipangga
|
23.40
|
04.37
|
|
Argo
Dwipangga Priority
|
23.40
|
04.37
|
|||
Gambir – Semarang Tawang
|
|
Semarang Tawang – Gambir
|
||||
Sembrani
|
19.15
|
01.27
|
|
Sembrani
|
22.00
|
04.15
|
|
Sembrani
Priority
|
22.00
|
04.15
|
|||
Argo
Bromo Anggrek
|
21.30
|
03.00
|
|
Bangunkarta
|
22.39
|
04.51
|
|
Argo
Bromo Anggrek
|
23.30
|
05.00
|
|||
Gambir - Solo
|
|
Solo – Gambir
|
||||
Bima
|
16.30
|
01.39
|
|
Gajayana
|
19.35
|
04.27
|
Gajayana
|
17.40
|
02.47
|
|
Argo
Dwipangga
|
20.00
|
04.37
|
Argo
Lawu
|
20.15
|
04.45
|
|
Argo
Dwipangga Priority
|
20.00
|
04.37
|
|
|
|
|
Bima
|
20.58
|
05.43
|
Gambir - Yogyakarta
|
|
Yogyakarta - Gambir
|
||||
Bima
|
16.30
|
00.40
|
|
Taksaka
|
20.00
|
03.45
|
Gajayana
|
17.40
|
01.47
|
|
Taksaka
Priority
|
20.00
|
03.45
|
Argo
Lawu
|
20.15
|
03.48
|
|
Gajayana
|
20.30
|
04.27
|
|
Argo
Dwipangga
|
20.57
|
04.37
|
|||
Taksaka
|
20.45
|
04.15
|
|
Argo
Dwipangga Priority
|
20.57
|
04.37
|
|
Bima
|
22.00
|
05.43
|
|||
Gambir – Surabaya Gubeng
|
|
Surabaya Gubeng - Gambir
|
||||
Bangunkarta
|
15.00
|
03.30
|
|
Bangunkarta
|
16.00
|
04.51
|
Bima
|
16.30
|
05.38
|
|
Bima
|
17.00
|
05.43
|
Gambir – Surabaya Pasar Turi
|
|
Surabaya Pasar Turi - Gambir
|
||||
Sembrani
|
19.15
|
05.43
|
|
Sembrani
|
17.50
|
04.15
|
Argo
Bromo Anggrek
|
21.30
|
06.30
|
|
Sembrani
Priority
|
17.50
|
04.15
|
|
Argo
Bromo Anggrek
|
20.00
|
05.00
|
|||
Gambir - Malang
|
|
Malang - Gambir
|
||||
Bima
|
16.30
|
08.15
|
|
Gajayana
|
13.30
|
04.27
|
Gajayana
|
17.40
|
09.06
|
|
Bima
|
14.25
|
05.43
|
Berdasarkan
tabel jadwal kereta api kelas eksekutif, ada 9 rangkaian kereta dari stasiun
Gambir yang mencapai stasiun tujuan pada dini hari. Selain itu, sebanyak 8
rangkaian kereta dari beberapa stasiun besar mencapai stasiun Gambir pada dini
hari. Rata-rata waktu kedatangan dari beberapa rangkaian tersebut adalah pukul
00.00 – 05.00 WIB. Fasilitas shower dan
locker hadir memfasilitasi penumpang
yang ingin mandi dan membersihkan diri dengan nyaman setelah perjalanan kereta
api yang cukup panjang. Berikut adalah benefit apabila pelanggan adalah member dari Railpay Loyalty program.
Jenis Locker
|
Biaya
|
Potongan
|
||||
2 jam
|
12 jam
|
24 jam
|
Economy
|
Business
|
Executive
|
|
Kecil
|
Rp
5.000
|
Rp
20.000
|
Rp
30.000
|
50%
|
70%
|
100%
|
Besar
|
Rp
10.000
|
Rp
40.000
|
Rp
60.000
|
20%
|
50%
|
|
(+) Shower
|
Rp
55.000/jam termasuk locker kecil, 1x mandi, steamer pakaian, & minuman
|
50%
|
70%
|
3. Lounge Access
Penulis
juga mengajukan gagasan yang memfasilitasi penumpang ketika sedang menunggu
kedatangan kereta di tempat yang nyaman. KAI Lounge hadir sebagai tempat tunggu yang nyaman, namunhanya bisa
diakses oleh pelanggan yang memiliki Railpay
Executive dengan tiket kereta api semua kelas baik ekonomi, bisnis, ataupun
eksekutif. Fasilitas yang bisa dinimati di dalam lounge adalah akses Wi-fi gratis, informasi jadwal keberangkatan,
minuman dan makanan kecil, kursi pijat, dan TV.
Lounge Access
|
||
Economy
|
Business
|
Executive
|
-
|
-
|
√
|
4. Rail Transit Suite
Selain
shower dan locker, penumpang yang tiba di stasiun pada dini hari juga bisa
menuju ke Rail Transit Suite yang
saat ini sudah tersedia di Stasiun Gambir. Rail
Transit Suite hadir sebagai tempat
istirahat yang nyaman bagi penumpang sehingga tidak perlu repot mencari hotel
ataupun penginapan. Rail Transit Suite menyediakan
beberapa fasilitas yaitu TV Satelit, Wi-Fi, AC, water-heater, air mineral, dan sarapan. Fasilitas ini hanya dapat
diakses bagi penumpang yang memiliki tiket kereta api pada hari tersebut dan
dilengkapi dengan KTP, serta uang jaminan sebesar Rp 50.000. Berikut adalah
benefit apabila pelanggan adalah member
dari Railpay Loyalty program.
Jenis Kamar
|
Biaya
|
Potongan
|
||||
6 jam
|
12 jam
|
24 jam
|
Economy
|
Business
|
Executive
|
|
Single
Bed
|
Rp
290.000
|
Rp
350.000
|
Rp
400.000
|
-
|
10%
|
60%
|
Twin
Bed
|
Rp
340.000
|
Rp
400.000
|
Rp
450.000
|
-
|
20%
|
50%
|
Double Bed
|
Rp
340.000
|
Rp
400.000
|
Rp
450.000
|
-
|
20%
|
50%
|
5. Kereta
Bandara
Kereta
Bandara yang infrastrukturnya sedang dibangun hadir untuk memfasilitasi
masyarakat yang tinggal di Jabodetabek untuk menuju Bandara Soekarno Hatta
dengan lancar dan bebas macet.
JADWAL BUS DAMRI KE BANDARA SOEKARNO
HATTA
Harga
Tiket
|
Waktu
Berangkat
(1
jam sekali)
|
Waktu
Kembali
(1
jam sekali
|
|
WTC
Serpong
|
Rp 40.000
|
04.00-19.00
|
06.00-21.00
|
Lippo
Karawaci Tangerang
|
Rp 50.000
|
04.00-20.00
|
06.00-21.00
|
Klari
Karawang
|
Rp 65.000
|
03.00-19.00
|
06.00-22.00
|
Pulo
Gebang
|
Rp 40.000
|
04.00-17.00
|
06.00-21.00
|
Gambir
|
Rp 40.000
|
03.00-21.00
|
06.00-00.30
|
Rawamangun
|
Rp 40.000
|
03.00 – 21.00
|
06.00-00.00
|
Blok
M
|
Rp 40.000
|
04.00 – 21.00
|
06.00-00.00
|
Kampung
Rambutan
|
Rp 40.000
|
03.00 – 19.00
|
06.00-00.00
|
Bekasi
Barat
|
Rp 45.000
|
02.00 – 21.00
|
06.00-22.00
|
Bekasi
Timur
|
Rp 45.000
|
03.00-21.00
|
06.00-00.00
|
Bogor
|
Rp 55.000
|
02.30 – 20.00
|
06.00-00.00
|
Lebak
Bulus
|
Rp 40.000
|
03.00-21.00
|
06.00-21.00
|
Pasar
Minggu
|
Rp 40.000
|
03.00 – 19.00
|
06.00-00.30
|
Tanjung
Priok
|
Rp 40.000
|
04.00-19.00
|
06.00-23.00
|
Pasar
Modern Harapan Indah
|
Rp 45.000
|
04.00-19.00
|
06.00-23.00
|
Cikarang
|
Rp 50.000
|
03.00-19.00
|
06.00-21.00
|
Purwakarta
|
Rp 65.000
|
01.00 – 18.00
|
06.00-00.00
|
Kemayoran
|
Rp 40.000
|
04.00-19.00
|
06.00-22.00
|
Mangga
Dua
|
Rp 40.000
|
06.00-19.00
|
06.00-22.00
|
Cilegon
|
Rp 60.000
|
03.00-19.00
|
06.00-00.00
|
Pramuka
City
|
Rp 40.000
|
03.00-19.00
|
06.00-22.00
|
Cibinong
|
Rp 55.000
|
02.00-19.00
|
06.00-22.00
|
Thamrin
City
|
Rp 50.000
|
03.00-20.00
|
06.00-21.00
|
Bogor
– Halim
|
Rp 40.000
|
04.00-20.00
|
06.00-21.00
|
Bekasi
- Halim
|
Rp 40.000
|
04.00-20.00
|
06.00-21.00
|
Berdasarkan
jadwal Bus DAMRI, bus tersebut berangkat dari 15 area yang mencakup wilayah
Jabodetabek dengan jam operasional mulai pukul 04.00 – 22.00. Rata-rata biaya
yang harus dibayarkan penumpang adalah Rp 40.000-Rp 60.000. Oleh karena itu,
harga tiket seharusnya setara atau lebih terjangkau dari harga Bus DAMRI.
Kereta
ini beroperasi sejak pukul 4 pagi hingga 11 malam dengan fasilitas diantaranya,
kursi 2-2 seperti kelas bisnis pada kereta api local, AC, dan toilet[1]. Biaya argo taksi dari
Sudirman Jakarta ke Bandara Soekarno Hatta nilainya sebesar Rp 100.000-Rp
150.000, sama seperti harga tiket kereta bandaram namun kereta bebas macet[2]. Tingginya harga tiket
ditaksir karena PT Railink membebaskan biaya lahan tidak menggunakan APBN sehingga
harga tiket dihitung untuk mengembalikan modal atas infrastruktur yang
dibangun. Apabila pelanggan adalah member
dari Railpay Loyalty program maka
benefit yang didapat adalah sebagai berikut:
Stasiun Asal
|
Harga Tiket
|
Potongan
|
||
Economy
|
Business
|
Executive
|
||
Stasiun
Batu Ceper
|
Rp
120.000
|
-
-
-
-
|
35%
|
75%
|
Stasiun
Duri
|
Rp
120.000
|
|||
Stasiun
Sudirman Baru
|
Rp
150.000
|
30%
|
60%
|
|
Stasiun
Manggarai
|
Rp
150.000
|
B.
HOMEY STATION AREA
1. Persatuan
Usaha Masyarakat Kereta Api (PERUMKA)
Ada
hal baik yang bisa di contoh dari taman bermain seperti Universal Studio Singapore ataupun Dunia Fantasi (Ancol). Hal yang
bisa dicontoh adalah toko souvenir, dimana toko souvenir di kedua tempat ini
sangat strategis karena berada di jalur keluar tempat rekreasi sehingga
pengunjung bisa mampir sejenak untuk melihat-lihat dan belanja untuk
kenang-kenangan setelah berkunjung[1]. Penulis mengajukan
gagasan bernama PERUMKA (Persatuan Usaha Masyarakat Kereta Api) dengan membina
UMKM di masing-masing daerah untuk membuka gerai oleh-oleh di stasiun kereta api.
Hal ini memfasilitasi penumpang kereta api sehingga tidak perlu jauh-jauh
menuju ke pusat oleh-oleh di tempat lain. Penulis mengusulkan agar project ini
diimplementasikan di stasiun-stasiun besar seperti yang tertera dibawah ini
beserta contoh oleh-oleh khas masing masing daerah:
Toko-toko yang dibina UMKM
|
|||
Bandung
Dodol,
Jenang, Pisang Molen
|
Solo
Batik,
Intip, Ampyang, Surabi, Abon Mesran, Rambak Petis, Serbat Jahe
|
Jogja
Bakpia
Pathok, Kaos Dagadu, Geplak, Keripik Belut, Walang Goreng
|
Semarang
Sale
Pisang (Cilacap), Telur Asin (Brebes), Tahu bakso
|
Surabaya
Kaos
Cak cuk, Almond Crispy, Kue Lapis Spikoe, Kerupuk Ikan Kenjeran, Bandeng
Presto (Sidoarjo), Bumbu pecel, Brem, Wingko (Madiun)
|
Malang
Pia
Telo, Strudel, Keripik Tempe, Keripik Buah, Keramik Dinoyo
|
2. Integrasi
Intermoda PT KAI Commuterline Jabodetabek dan PT TransJakarta


Sarana Integrasi Intermoda Integrasi
Institusi
Sistem integrasi
intermoda ini diharapkan mampu dengan optimal memotivasi masyarakat untuk
menggunakan transportasi public lebih intense. Sistem ini adalah gagasan untuk
menyediakan sarana tambahan khususnya di wilayah DKI Jakarta agar transportasi
public terkoneksi satu dengan yang lainnya. Sarana yang direncanakan untuk
dibangun dan diimplementasikan diantaranya:
1. Trotoar
Pantauan terakhir di shelter TransJakarta Lebak Bulus bahwa
fasilitas trotoar tidak memadai, dimana ruas trotoar yang sempit (selebar 1,5
meter-2 meter) justru diokupasi untuk parkir motor dan tempat berjualan
pedagang kaki lima[2].
Trotoar pejalan kaki yang dilengkapi dengan kanopi diperlukan untuk
meningkatkan kenyamanan pengguna tranportasi public dalam berpindah dari
stasiun menuju shelter ataupun
sebaliknya. Selain itu ruas trotoar perlu diperluas dan dibersihkan dari
pedagang dan parkir liar.
2. Tempat
Parkir Terintegrasi
Shelter
TransJakarta
Lebak Bulus terlihat tidak memiliki fasilitas park and ride atau parkir terintegrasi. Hal ini membuat beberapa
pelanggan memilih untuk parkir liar yang menggunakan trotoar menuju shelter[3].
Tempat parkir kendaraan pribadi yang memadai di area stasiun dan shelter menjadi salah satu hal yang
mendukung minat masyarakat untuk menggunakan transportasi public. Biaya parkir
yang terjangkau juga menjadi hal lain yang perlu di implementasikan untuk
memotivasi masyarakat.
Peraturan Lama
|
Peraturan Baru
|
|||
Kendaraan
|
Biaya/jam
|
Kendaraan
|
Waktu
|
Biaya
|
Motor
|
Rp
2.000
|
Motor
|
05.00
– 22.00
|
Rp
5000
|
Menginap
|
Rp
15.000
|
|||
Mobil
|
Rp
4.000
|
Mobil
|
05.00
– 22.00
|
Rp
10.000
|
Menginap
|
Rp
30.000
|
Dalam implementasinya,
setiap pengendara wajib membuat member
card sebagai syarat penggunaan fasilitas parkir terintegrasi ini. Biaya
pembuatan member card adalah Rp 25.000 termasuk saldo Rp 10.000. Apabila kartu
hilang maka dikenakan biaya Rp 15.000 untuk pembuatan kartu baru.
3. Feeder
Bus
Beberapa lokasi antara
stasiun kereta yang dilalui oleh Commuterline Jabodetabek dengan shelter busway TransJakarta cukup jauh
sehingga frekuensi masyarakat untuk menggunakan transportasi public ini belum
optimal. Hadirnya feeder bus mampu
menjembatani penumpang kereta Commuterline dengan bus TransJakarta ataupun
sebaliknya. Feeder bus yang sudah
terimplementasi tersedia di 2 lokasi yaitu menghubungkan stasiun Palmerah[4] dengan Koridor 9 jurusan
Pluit-Pinang, dan stasiun Cawang ke shelter
busway Cawang Cikoko. Selain itu hadirnya feeder bus di area luar wilayah DKI Jakarta seperti Trans Bintaro
mampu memfasilitasi masyarakat di area tersebut.
4. Sign Board (Papan
Informasi) dan Sosialisasi
Kasih (37) menyatakan
bahwa dirinya kesulitan mencari penunjuk arah halte bus TransJakarta, ketika
turun dari stasiun Sudirman pada Sabtu (30/1/2016)[5]. Fasilitas petunjuk menuju
transportasi lain berbanding terbalik dengan rute transportasi public sudah
terimplementasi dengan baik, contohnya di dalam setiap sisi gerbong kereta
Commuterline Jabodetabek. Program integrasi Intermoda juga perlu
disosialisasikan yaitu melalui sign board
ataupun papan informasi di setiap stasiun dan shelter yang terintegrasi. Papan informasi ini rencananya
diletakkan di setiap gate in dan gate
out stasiun kereta agar integrasi intermoda ini tersosialisasikan dengan
baik
Dari
|
Tujuan
|
Waktu Kedatangan
|
Stasiun
Palmerah
|
Koridor
9 Pluit-Pinang
|
09.15
|
09.45
|
||
10.15
|
||
|
|
|
Selain itu, cara lain yang digunakan
adalah dengan mengirimkan sms kepada setiap pengguna terkait dengan sistem terintegrasi
ini. Contoh SMSnya adalah sebagai berikut:

Dalam mensosialisasikan
hal ini PT KAI Commuerline Jabodetabek dan TransJakarta bekerjasama dengan provider telekomunikasi untuk menjangkau
penumpang yang sedang berada di area stasiun dan halte terkait.
Untuk merealisasikan pembangunan sarana-sarana
tersebut, kerjasama integrasi ini dinisiasi oleh PT KAI, PT TransJakarta,
Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan
transportasi public yang nyaman dan terintegrasi bagi warga Jakarta. Tak hanya
itu Dishubtrans, Dinas Bina Marga, Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek
juga diharapkan dapat mendukung berjalannya integrasi ini. Kemacetan di Jakarta
tak cukup hanya dengan pembangunan sarana transportasi public, tetapi integrasi
antar-moda juga harus mulai dibangun. Penyediaan fasilitas integrasi dari
stasiun menuju shelter adalah bentuk apresiasi bagi masyarakat yang sudah
beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi public.
Beberapa
stasiun kereta yang berpotensi untuk dilakukan integrasi dengan bus
TransJakarta adalah Stasiun Depok Baru, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Duren
Kalibata, Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai dengan feeder bus (Pengumpan), Stasiun Jatinegara, Stasiun Sudirman,
Stasiun Karet, Stasiun Tanahabang, Stasiun Kebayoran, Stasiun Cikini, Stasiun
Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Grogol, dan Stasiun Klender. Hal ini
diharapkan agar penumpang semakin nyaman dengan fasilitas transportasi public
dan meninggalkan transportasi pribadi yang mereka miliki
Skema
Implementasi Homey Station Area
Comments
Post a Comment