Skip to main content
KERETA API HOMEY STATION
            Selama kurang lebih 72 tahun PT Kereta Api Indonesia hadir menjadi penyedia jasa perkeretaapian di Indonesia. PT KAI sudah banyak melalukan revolusi di lini bisnisnya, baik dari perbaikan kualitas layanan, integrasi sistem layanan dengan teknologi informasi, peningkatan kualitas pegawai, hingga pembangunan infrastruktur yang memadai. Sebagai satu-satunya moda transportasi berbasis rel di Indonesia, kereta api perlu meningkatkan layanan dari product oriented menjadi customer oriented. Meskipun begitu, kereta api memiliki pesaing yaitu moda transportasi lain, sehingga persaingan ini menjadi dorongan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Oleh karena itu penulis menyampaikan gagasan-gagasan baru untuk mengoptimalkan kualitas layanan PT Kereta Api Indonesia yaitu:
A.    (Re-launch) RAILPAY Loyalty Member Card
Loyalty program yang ada dari PT KAI adalah menukarkan tiket lama sebanyak 20 tiket periode 1 tahun atau 15 tiket periode 6 bulan. Tiket yang ditukarkan adalah tiket kereta api Komersial di seluruh kelas dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Program ini tidak termasuk tiket KA Lokal dan KA ekonomi subsidi. Syaratnya nama penumpangnya sama, tiketnya boleh macam-macam rute. Bila tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa rute/relasi yang berbeda, diberikan satu tiket gratis dengan rute terpendek dalam tiket tersebut.[1]
Railpay mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai e-money untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh (penumpang tidak harus sama dengan nama pemegang kartu), dan sebagai kartu member agar pengguna setia kereta api bisa memperoleh tambahan poin (poin tersebut dapat ditukar dengan tiket kereta api jarak jauh maupun fasilitas pelayanan lainnya di KAI Group). Railpay dapat digunakan pelanggan KAI untuk berbagai transaksi tiket transportasi antarmoda seperti kereta api (termasuk KA Komersial, KRL Jabodetabek dan KA Bandara), pesawat, kapal laut, bus (TransJakarta, TransJogja, Batik Solo Trans dan DAMRI)[2]. Penulis mengembangkan produk Railpay agar program loyalty member pada produk ini mampu dengan optimal memfasilitasi kebutuhan pelanggan. Hal itu tentunya ditunjang dengan beberapa fasilitas baru yang menunjang produk Railpay

1.      Station Helper
Salah satu fasilitas baru yang penulis ajukan ialah Station Helper. Station Helper ini terinspirasi dari Airport helper milik PT Angkasa Pura II di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Airport Helper yang dulu dikenal dengan porter bandara kini tak hanya bertugas untuk mengangkut dan membawa barang saja, melainkan juga membantu mengambil dan mengembalikan troli, memberi petunjuk informasi kepada penumpang di bandara. Gagasan dari penulis ialah PT Kereta Api Indonesia juga menetapkan kebijakan yang sama untuk porter di stasiun-stasiun kereta menjadi Station helper dengan tugas dan tanggung jawab yang sama dengan airport helper. Hal ini terkait dengan kebijakan dari PT KAI untuk tidak memperbolehkan pengantar yang tidak memiliki tiket memasuki area peron ataupun kereta. Station helper menjadi solusi bagi penumpang yang diprioritaskan seperti wanita hamil, orang lanjut usia, orang sakit, ataupun orang yang cukup banyak membawa banyak bagasi.
Biaya Station Helper
Biaya untuk loyalty member
Economy
Business
Executive
Rp 30.000
FREE

2.      Shower and Locker
Hal yang cukup penting menjadi perhatian adalah waktu kedatangan kereta api antar kota/provinsi khususnya di Pulau Jawa yang rata-rata sampai di stasiun-stasiun tujuan pada dini hari.
JADWAL KERETA API DARI DAN MENUJU STASIUN GAMBIR
Gambir - Bandung

Bandung-Gambir
Nama Kereta
Waktu Berangkat
Waktu Tiba

Nama Kereta
Waktu Berangkat
Waktu Tiba
Argo Parahyangan
20.00
23.14

Argo Parahyangan
19.40
22.56
Gambir - Purwokerto

Purwokerto – Gambir
Argo Lawu
20.15
01.09

Bima
00.38
05.43

Taksaka
22.40
03.45
Taksaka
20.45
01.43

Taksaka Priority
22.40
03.45

Gajayana
23.24
04.27
Purwojaya
22.05
03.08

Argo Dwipangga
23.40
04.37

Argo Dwipangga Priority
23.40
04.37
Gambir – Semarang Tawang

Semarang Tawang – Gambir
Sembrani
19.15
01.27

Sembrani
22.00
04.15

Sembrani Priority
22.00
04.15
Argo Bromo Anggrek
21.30
03.00

Bangunkarta
22.39
04.51

Argo Bromo Anggrek
23.30
05.00
Gambir - Solo

Solo – Gambir
Bima
16.30
01.39

Gajayana
19.35
04.27
Gajayana
17.40
02.47

Argo Dwipangga
20.00
04.37
Argo Lawu
20.15
04.45

Argo Dwipangga Priority
20.00
04.37




Bima
20.58
05.43
Gambir - Yogyakarta

Yogyakarta - Gambir
Bima
16.30
00.40

Taksaka
20.00
03.45
Gajayana
17.40
01.47

Taksaka Priority
20.00
03.45
Argo Lawu
20.15
03.48

Gajayana
20.30
04.27

Argo Dwipangga
20.57
04.37
Taksaka
20.45
04.15

Argo Dwipangga Priority
20.57
04.37

Bima
22.00
05.43
Gambir – Surabaya Gubeng

Surabaya Gubeng - Gambir
Bangunkarta
15.00
03.30

Bangunkarta
16.00
04.51
Bima
16.30
05.38

Bima
17.00
05.43
Gambir – Surabaya Pasar Turi

Surabaya Pasar Turi - Gambir
Sembrani
19.15
05.43

Sembrani
17.50
04.15
Argo Bromo Anggrek
21.30
06.30

Sembrani Priority
17.50
04.15

Argo Bromo Anggrek
20.00
05.00
Gambir - Malang

Malang - Gambir
Bima
16.30
08.15

Gajayana
13.30
04.27
Gajayana
17.40
09.06

Bima
14.25
05.43

Berdasarkan tabel jadwal kereta api kelas eksekutif, ada 9 rangkaian kereta dari stasiun Gambir yang mencapai stasiun tujuan pada dini hari. Selain itu, sebanyak 8 rangkaian kereta dari beberapa stasiun besar mencapai stasiun Gambir pada dini hari. Rata-rata waktu kedatangan dari beberapa rangkaian tersebut adalah pukul 00.00 – 05.00 WIB. Fasilitas shower dan locker hadir memfasilitasi penumpang yang ingin mandi dan membersihkan diri dengan nyaman setelah perjalanan kereta api yang cukup panjang. Berikut adalah benefit apabila pelanggan adalah member dari Railpay Loyalty program.
Jenis Locker
Biaya
Potongan
2 jam
12 jam
24 jam
Economy
Business
Executive
Kecil
Rp 5.000
Rp 20.000
Rp 30.000
50%
70%
100%
Besar
Rp 10.000
Rp 40.000
Rp 60.000
20%
50%
(+) Shower
Rp 55.000/jam termasuk locker kecil, 1x mandi, steamer pakaian, & minuman
50%
70%

3.      Lounge Access
Penulis juga mengajukan gagasan yang memfasilitasi penumpang ketika sedang menunggu kedatangan kereta di tempat yang nyaman. KAI Lounge hadir sebagai tempat tunggu yang nyaman, namunhanya bisa diakses oleh pelanggan yang memiliki Railpay Executive dengan tiket kereta api semua kelas baik ekonomi, bisnis, ataupun eksekutif. Fasilitas yang bisa dinimati di dalam lounge adalah akses Wi-fi gratis, informasi jadwal keberangkatan, minuman dan makanan kecil, kursi pijat, dan TV.
Lounge Access
Economy
Business
Executive
-
-

4.      Rail Transit Suite
Selain  shower dan locker, penumpang yang tiba di stasiun pada dini hari juga bisa menuju ke Rail Transit Suite yang saat ini sudah tersedia di Stasiun Gambir. Rail Transit Suite  hadir sebagai tempat istirahat yang nyaman bagi penumpang sehingga tidak perlu repot mencari hotel ataupun penginapan. Rail Transit Suite menyediakan beberapa fasilitas yaitu TV Satelit, Wi-Fi, AC, water-heater, air mineral, dan sarapan. Fasilitas ini hanya dapat diakses bagi penumpang yang memiliki tiket kereta api pada hari tersebut dan dilengkapi dengan KTP, serta uang jaminan sebesar Rp 50.000. Berikut adalah benefit apabila pelanggan adalah member dari Railpay Loyalty program.
Jenis Kamar
Biaya
Potongan
6 jam
12 jam
24 jam
Economy
Business
Executive
Single Bed
Rp 290.000
Rp 350.000
Rp 400.000
-
10%
60%
Twin Bed
Rp 340.000
Rp 400.000
Rp 450.000
-
20%
50%
Double Bed
Rp 340.000
Rp 400.000
Rp 450.000
-
20%
50%

5.      Kereta Bandara
Kereta Bandara yang infrastrukturnya sedang dibangun hadir untuk memfasilitasi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek untuk menuju Bandara Soekarno Hatta dengan lancar dan bebas macet.
JADWAL BUS DAMRI KE BANDARA SOEKARNO HATTA
Harga Tiket
Waktu Berangkat
(1 jam sekali)
Waktu Kembali
(1 jam sekali
WTC Serpong
Rp 40.000
04.00-19.00
06.00-21.00
Lippo Karawaci Tangerang
Rp 50.000
04.00-20.00
06.00-21.00
Klari Karawang
Rp 65.000
03.00-19.00
06.00-22.00
Pulo Gebang
Rp 40.000
04.00-17.00
06.00-21.00
Gambir
Rp 40.000
03.00-21.00
06.00-00.30
Rawamangun
Rp 40.000
03.00 – 21.00
06.00-00.00
Blok M
Rp 40.000
04.00 – 21.00
06.00-00.00
Kampung Rambutan
Rp 40.000
03.00 – 19.00
06.00-00.00
Bekasi Barat
Rp 45.000
02.00 – 21.00
06.00-22.00
Bekasi Timur
Rp 45.000
03.00-21.00
06.00-00.00
Bogor
Rp 55.000
02.30 – 20.00
06.00-00.00
Lebak Bulus
Rp 40.000
03.00-21.00
06.00-21.00
Pasar Minggu
Rp 40.000
03.00 – 19.00
06.00-00.30
Tanjung Priok
Rp 40.000
04.00-19.00
06.00-23.00
Pasar Modern Harapan Indah
Rp 45.000
04.00-19.00
06.00-23.00
Cikarang
Rp 50.000
03.00-19.00
06.00-21.00
Purwakarta
Rp 65.000
01.00 – 18.00
06.00-00.00
Kemayoran
Rp 40.000
04.00-19.00
06.00-22.00
Mangga Dua
Rp 40.000
06.00-19.00
06.00-22.00
Cilegon
Rp 60.000
03.00-19.00
06.00-00.00
Pramuka City
Rp 40.000
03.00-19.00
06.00-22.00
Cibinong
Rp 55.000
02.00-19.00
06.00-22.00
Thamrin City
Rp 50.000
03.00-20.00
06.00-21.00
Bogor – Halim
Rp 40.000
04.00-20.00
06.00-21.00
Bekasi - Halim
Rp 40.000
04.00-20.00
06.00-21.00

Berdasarkan jadwal Bus DAMRI, bus tersebut berangkat dari 15 area yang mencakup wilayah Jabodetabek dengan jam operasional mulai pukul 04.00 – 22.00. Rata-rata biaya yang harus dibayarkan penumpang adalah Rp 40.000-Rp 60.000. Oleh karena itu, harga tiket seharusnya setara atau lebih terjangkau dari harga Bus DAMRI.
Kereta ini beroperasi sejak pukul 4 pagi hingga 11 malam dengan fasilitas diantaranya, kursi 2-2 seperti kelas bisnis pada kereta api local, AC, dan toilet[1]. Biaya argo taksi dari Sudirman Jakarta ke Bandara Soekarno Hatta nilainya sebesar Rp 100.000-Rp 150.000, sama seperti harga tiket kereta bandaram namun kereta bebas macet[2]. Tingginya harga tiket ditaksir karena PT Railink membebaskan biaya lahan tidak menggunakan APBN sehingga harga tiket dihitung untuk mengembalikan modal atas infrastruktur yang dibangun. Apabila pelanggan adalah member dari Railpay Loyalty program maka benefit yang didapat adalah sebagai berikut:
Stasiun Asal
Harga Tiket
Potongan
Economy
Business
Executive
Stasiun Batu Ceper
Rp 120.000
-
-
-
-
35%
75%
Stasiun Duri
Rp 120.000
Stasiun Sudirman Baru
Rp 150.000
30%
60%
Stasiun Manggarai
Rp 150.000

B.    HOMEY STATION AREA
1.    Persatuan Usaha Masyarakat Kereta Api (PERUMKA)
Ada hal baik yang bisa di contoh dari taman bermain seperti Universal Studio Singapore ataupun Dunia Fantasi (Ancol). Hal yang bisa dicontoh adalah toko souvenir, dimana toko souvenir di kedua tempat ini sangat strategis karena berada di jalur keluar tempat rekreasi sehingga pengunjung bisa mampir sejenak untuk melihat-lihat dan belanja untuk kenang-kenangan setelah berkunjung[1]. Penulis mengajukan gagasan bernama PERUMKA (Persatuan Usaha Masyarakat Kereta Api) dengan membina UMKM di masing-masing daerah untuk membuka gerai oleh-oleh di stasiun kereta api. Hal ini memfasilitasi penumpang kereta api sehingga tidak perlu jauh-jauh menuju ke pusat oleh-oleh di tempat lain. Penulis mengusulkan agar project ini diimplementasikan di stasiun-stasiun besar seperti yang tertera dibawah ini beserta contoh oleh-oleh khas masing masing daerah: 
Toko-toko yang dibina UMKM
Bandung
Dodol, Jenang, Pisang Molen
Solo
Batik, Intip, Ampyang, Surabi, Abon Mesran, Rambak Petis, Serbat Jahe
Jogja
Bakpia Pathok, Kaos Dagadu, Geplak, Keripik Belut, Walang Goreng
Semarang
Sale Pisang (Cilacap), Telur Asin (Brebes), Tahu bakso
Surabaya
Kaos Cak cuk, Almond Crispy, Kue Lapis Spikoe, Kerupuk Ikan Kenjeran, Bandeng Presto (Sidoarjo), Bumbu pecel, Brem, Wingko (Madiun)
Malang
Pia Telo, Strudel, Keripik Tempe, Keripik Buah, Keramik Dinoyo

2.      Integrasi Intermoda PT KAI Commuterline Jabodetabek dan PT TransJakarta
Sarana Integrasi Intermoda                                     Integrasi Institusi

Sistem integrasi intermoda ini diharapkan mampu dengan optimal memotivasi masyarakat untuk menggunakan transportasi public lebih intense. Sistem ini adalah gagasan untuk menyediakan sarana tambahan khususnya di wilayah DKI Jakarta agar transportasi public terkoneksi satu dengan yang lainnya. Sarana yang direncanakan untuk dibangun dan diimplementasikan diantaranya:
1.      Trotoar
Pantauan terakhir di shelter TransJakarta Lebak Bulus bahwa fasilitas trotoar tidak memadai, dimana ruas trotoar yang sempit (selebar 1,5 meter-2 meter) justru diokupasi untuk parkir motor dan tempat berjualan pedagang kaki lima[2]. Trotoar pejalan kaki yang dilengkapi dengan kanopi diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna tranportasi public dalam berpindah dari stasiun menuju shelter ataupun sebaliknya. Selain itu ruas trotoar perlu diperluas dan dibersihkan dari pedagang dan parkir liar.
2.      Tempat Parkir Terintegrasi
Shelter TransJakarta Lebak Bulus terlihat tidak memiliki fasilitas park and ride atau parkir terintegrasi. Hal ini membuat beberapa pelanggan memilih untuk parkir liar yang menggunakan trotoar menuju shelter[3]. Tempat parkir kendaraan pribadi yang memadai di area stasiun dan shelter menjadi salah satu hal yang mendukung minat masyarakat untuk menggunakan transportasi public. Biaya parkir yang terjangkau juga menjadi hal lain yang perlu di implementasikan untuk memotivasi masyarakat.

Peraturan Lama
Peraturan Baru
Kendaraan
Biaya/jam
Kendaraan
Waktu
Biaya
Motor
Rp 2.000
Motor
05.00 – 22.00
Rp 5000
Menginap
Rp 15.000
Mobil
Rp 4.000
Mobil
05.00 – 22.00
Rp 10.000
Menginap
Rp 30.000

Dalam implementasinya, setiap pengendara wajib membuat member card sebagai syarat penggunaan fasilitas parkir terintegrasi ini. Biaya pembuatan member card adalah Rp 25.000 termasuk saldo Rp 10.000. Apabila kartu hilang maka dikenakan biaya Rp 15.000 untuk pembuatan kartu baru.
3.      Feeder Bus
Beberapa lokasi antara stasiun kereta yang dilalui oleh Commuterline Jabodetabek dengan shelter busway TransJakarta cukup jauh sehingga frekuensi masyarakat untuk menggunakan transportasi public ini belum optimal. Hadirnya feeder bus mampu menjembatani penumpang kereta Commuterline dengan bus TransJakarta ataupun sebaliknya. Feeder bus yang sudah terimplementasi tersedia di 2 lokasi yaitu menghubungkan stasiun Palmerah[4] dengan Koridor 9 jurusan Pluit-Pinang, dan stasiun Cawang ke shelter busway Cawang Cikoko. Selain itu hadirnya feeder bus di area luar wilayah DKI Jakarta seperti Trans Bintaro mampu memfasilitasi masyarakat di area tersebut. 
4.      Sign Board (Papan Informasi) dan Sosialisasi
Kasih (37) menyatakan bahwa dirinya kesulitan mencari penunjuk arah halte bus TransJakarta, ketika turun dari stasiun Sudirman pada Sabtu (30/1/2016)[5]. Fasilitas petunjuk menuju transportasi lain berbanding terbalik dengan rute transportasi public sudah terimplementasi dengan baik, contohnya di dalam setiap sisi gerbong kereta Commuterline Jabodetabek. Program integrasi Intermoda juga perlu disosialisasikan yaitu melalui sign board ataupun papan informasi di setiap stasiun dan shelter yang terintegrasi. Papan informasi ini rencananya diletakkan di setiap ­gate in  dan gate out stasiun kereta agar integrasi intermoda ini tersosialisasikan dengan baik

Dari
Tujuan
Waktu Kedatangan
Stasiun Palmerah
Koridor 9 Pluit-Pinang
09.15
09.45
10.15



Selain itu, cara lain yang digunakan adalah dengan mengirimkan sms kepada setiap pengguna terkait dengan sistem terintegrasi ini. Contoh SMSnya adalah sebagai berikut:
 “Nikmati fasilitas feeder bus dari Stasiun Palmerah menuju Koridor 9 Pluit-Pinang GRATIS untuk periode 9 Oktober 2017 – 9 November 2017. Fasilitas parkir terintegrasi di periode yang sama juga GRATIS. Tukarkan SMS ini segera hanya berlaku untuk hari ini”
Dalam mensosialisasikan hal ini PT KAI Commuerline Jabodetabek dan TransJakarta bekerjasama dengan provider telekomunikasi untuk menjangkau penumpang yang sedang berada di area stasiun dan halte terkait.
Untuk merealisasikan pembangunan sarana-sarana tersebut, kerjasama integrasi ini dinisiasi oleh PT KAI, PT TransJakarta, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan transportasi public yang nyaman dan terintegrasi bagi warga Jakarta. Tak hanya itu Dishubtrans, Dinas Bina Marga, Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek juga diharapkan dapat mendukung berjalannya integrasi ini. Kemacetan di Jakarta tak cukup hanya dengan pembangunan sarana transportasi public, tetapi integrasi antar-moda juga harus mulai dibangun. Penyediaan fasilitas integrasi dari stasiun menuju shelter adalah bentuk apresiasi bagi masyarakat yang sudah beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi public.
Beberapa stasiun kereta yang berpotensi untuk dilakukan integrasi dengan bus TransJakarta adalah Stasiun Depok Baru, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Duren Kalibata, Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai dengan feeder bus (Pengumpan), Stasiun Jatinegara, Stasiun Sudirman, Stasiun Karet, Stasiun Tanahabang, Stasiun Kebayoran, Stasiun Cikini, Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Grogol, dan Stasiun Klender. Hal ini diharapkan agar penumpang semakin nyaman dengan fasilitas transportasi public dan meninggalkan transportasi pribadi yang mereka miliki


Comments

Popular posts from this blog

REKRUTMEN MANAGEMENT TRAINEE PT GARUDA INDONESIA (Persero) Tbk 3 TIMES FAILED & ALLAH SHOWS THE MIRACLE OF PRAY, PATIENT, EFFORT, AND SINCERITY

Taufiq Al Dyansha Alumni Bisnis Internasional - Universitas Brawijaya 2012 I’m back again for sharing what I’ve done in the recruitment process of our beloved Indonesia National flag carrier, Garuda Indonesia. Sebetulnya mencari vacancy di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sangatlah mudah, kamu bisa cek di career.garuda-indonesia.com. 4 KALI saya mendaftar di Garuda Indonesia, berbagai kegagalan dan penolakan yang saya terima. Sudah penasaran bagaimana perjalanan saya bisa menjalani Pendidikan Management Trainee di Garuda Indonesia. Let’s go! 1.     MANAGEMENT TRAINEE (1 ST TRIAL) Submit Application (6 Juli 2015) Saya memberanikan diri untuk mendaftar salah satu penerbangan terbaik di Indonesia, saat itu posisi yang saya targetkan adalah Management Trainee. Karena menurut beberapa orang sebagian orang, posisi ini adalah program akselerasi untuk menjadi future leader di maskapai bintang lima ini. Psikotest dan Wawancara Awal (18 Agustus 2015) Pro...

REKRUTMEN MANAGEMENT TRAINEE PT INDOFOOD CBP Sukses Makmur Tbk. Noodle Division INDOFOOD FUTURE LEADER (I-FUEL)

Taufiq Al Dyansha - International Business'12 Universitas Brawijay a Hello semua!!!! Are you guys a fresh graduate? Final year student? Or even experienced? Tentunya ketika kalian berkunjung ke blog ini, bisa dipastikan 90% ciri-ciri dari kalian adalah: 1.   Jobseeker 2.  S edang atau akan mengikuti proses seleksi IFUEL (Indofood Future Leader atau sering disebut Management Trainee program) di PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Noodle Division 3.   Sedang mencari info terkait dengan Management Trainee program 4.   atau sedang galau setelah kuliah selesai apakah akan lanjut kuliah lagi atau kerja. Saya mendapatkan info terkait rekrutmen ini ketika mengikuti Jobfair UI Career and Scholarship Expo di Balairung UI pada 23-25 Februari 2017. Hal pertama yang saya rasakan adalah KAGET! Ini jobfair atau konsernya Coldplay sih rame banget? Singkat cerita saya mampir ke booth PT Indofood yang amat ramai dengan hiruk pikuk pendaftar. Pengisi booth di Indofo...

AC Nyaman dan Hemat Energi? Ya Daikin pilihannya

Dewasa ini, suhu udara di berbagai wilayah menjadi tidak menentu begitu juga cuaca dan musim. Di Indonesia khususnya Ibu kota Jakarta kepadatan transportasi, dan aktivitas masyarakatnya membuat cuaca menjadi semakin panas. Teriknya matahari berpengaruh terhadap kebutuhan prasarana yang mendukung bagi setiap orang. Tak heran kini hampir di semua gedung perkantoran, mall, atau bahkan perumahan menggunakan AC ( air conditioner). AC bermanfaat untuk membuat suasana ruangan lebih sejuk sehingga memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Kini fasilitas AC sudah menjadi kebutuhan akan rasa nyaman bagi kebanyakan orang. Namun kini penggunaan AC menjadi pertanyaan ketika cukup membuat bengkak tagihan listrik rumah. Berkaca pada pengalaman yang sebelumnya rekan saya alami, bahwa AC dirumahnya yang berdasarkan iklan adalah AC hemat energi namun tidak turut hemat dalam tagihan listrik. Membandingkan dengan AC yang ada di ruang tamu rumah saya, rekan saya menanyakan bagaimana AC di rumah sa...